Spiritual Energizer Durasi: 02:15 Oleh: R Kokoh Nugroho Asal: Semarang
Deskripsi: Sejarah tentang pandemi yang melanda indonesia sudah pernah tèrjadi pada era kolonial dimana waktu itu negara indonesia belum berdiri masih bernama Hindia Belanda dan masih berada dalam kekuasaan maskapai berdagangan belanda, VOC.



Wabah flue yang datang dari daratan eropa itu disebut flu spanyol.



Flu Spanyol (dikenal juga sebagai pandemi influenza 1918) adalah pandemik influenza kategori 5 yang mulai menyebar di Amerika Serikat, muncul di Afrika Barat dan Prancis, lalu menyebar hampir ke seluruh dunia. Penyakit ini disebabkan oleh Virus Influenza Tipe A subtipe H1N1. Kebanyakan korban flu ini adalah orang dewasa dan muda. Flu Spanyol terjadi dari Maret 1918 sampai Juni 1920, menyebar sampai ke Arktik dan kepulauan Pasifik. Diperkirakan 50 sampai 100 juta orang di seluruh dunia meninggal, sementara Indonesia diperkirakan sampai sekitar 1-1,5 juta jiwa yang meninggal di masa pemerintahan Hindia Belanda. Karena sangat sulit ditanggulangi oleh berbagai negara di seluruh dunia, para pimpinan tiap negara sampai membuatkan hukum seperti pelarangan berjabat tangan di Arizona, Amerika karena sangat mudah penyebarannya. Kemudian terjadi juga peristiwa-peristiwa merebaknya beberapa jenis virus dan mebjadi wabah dibeberapa belahan negara seperti, a). wabah virus Ebola di afrika (ditemukan kasusnya pertama kali pd tahun 1976) dan berdampak signifikan pd medio 2014 - 2016, b). virus flue burung yang pertama kali terjadi di Hongkong tahun 1997, c) virus flu Babi yang pertama kali terjadi di mexico tahun 2009. d). dan kemudian yg paling aktual dan masih terjadi smpai hari ini virus Corona.



Virus Corona berasal dari daratan China tepatnya dikota Wuhan dan menyebar dengan cepat keseluruh dunia, memakan korban ribuan jiwa dan menyebabkan kelumpuhan ekonomi diberbagai negara. Termasuk di Indonesia mengalami fase berhentinya beberapa roda perekonomian di masyarakat baik yang skala besar maupun kecill. Rakyatpun menjadi korban yang paling terdampak secara signifikan. Keluhan akan susah makan dan habisnya stok pangan dan tabungan untuk menutup kebutuhan hidup sehari hari, sementara sumber pemasukan lumpuh. Keterpurukan ekonomi berskala besar terjadi diseluruh wilayah indonesia. Jerit dan keluh kesah lapar terdengar dimana-mana. Putaran kehidupan menjadi kacau, korban jiwa dan ekonomi mulai berjatuhan. Dalam kondisi seperti sekarang ini yang bisa dilakukan adalah sama2 berupaya mencegah semakin meluasnya penyebaran virus dengan mematuhi aturan protokoler yang sudah ditetapkan oleh pemerintah disebarluaskan lwt berbagai media di seluruh wilayah indonesia. Mari saling menguatkan dan berdamai dengan keadaan. Selalu berpusat pada kekuatan usaha upaya dan doa karena segala hal yang terjadi didunia ini adalah KUASA dan Skenario Allah SWT.Mari kita menunduk dan memohon kepadaNya agar dunia segera terbebaskan dari pandemi COVID 19. aamiin aamiin
TAMPILKAN DESKRIPSI