New World Order Durasi: 03:57 Oleh: Made Bayak Asal: Bali
Deskripsi: Humanity is lost somewhere in the crowd. Lama saya ingin merespon melalui karya seni perasaan yang mengganjal ini.



Momen saat seorang kawan baik, merasa canggung saat kami bertemu pertama kali dimasa pandemi dan mendemi ini, mau salaman/jabat tangan dia merasa tidak enak, dia berfikir, apakah saya mau bersalaman? atau ketat masalah protokol kesehatan (walau rasa canggungnya terasa sekali, kami bersalaman saat momen ketemu itu)



Singkat cerita, diakhir perbincangan dia mengutarakan kecanggungan perasaannya itu dan dia bilang, bro tadi kita harusnya tidak hanya bersalaman, tapi pelukan, karena sudah lama tidak jumpa (dalam hati saya tersentuh dan berfikir, gila, nilai-nilai keakraban sebagai manusia inilah yang salah satunya "dimatikan" oleh Pandemi ini) Diakhir perjumpaan, sebelum pulang kami layaknya Teletabis, berpelukaaaaannn, leganya bukan main.



Karya ini nantinya akan berupa video berdurasi 3,56 menit. Visualnya ada 4 buah masker yang berisi tulisan/teks, Obey, Fear, Control, salah satunya Humanity, saya kenakan semua masker itu, selang-seling, bertumpuk satu demi satu, kemudian dililit menggunakan tisu toilet.



Total happening artnya 5 sampai 6 menit, direkam sekali ambil/take. Seandainya kalau ada yang ingin dililit wajahnya pakai 4 buah masker dan tisu toilet dan merasakan pengalaman spiritualnya, saya siap bikin happening art ini lagi.
TAMPILKAN DESKRIPSI