Bisa Kemana-mana Durasi: 03:15 Oleh: Susi Necklin Asal: Jakarta Timur
Deskripsi: Di masa pandemi ini kita dihadapkan dengan kenyataan bahwa kehidupan harus kita jalani dengan segala terbatasan. Pemberlakuan PSBB yang dimulai sejak Maret 2020 membuat kita benar-benar harus melakukan pembatasan, dimulai dengan social distancing, kemudian meminimalis bepergian, memindahkan semua aktifitas di dalam rumah, selalu waspada dengan keadaan sekitar dan sadar diri dengan prilaku untuk selalu menjaga kebersihan, kemudian memulai kembali hidup dengan kebiasaan-kebiasaan baru yang tidak sama dengan sebelumnya. Lamanya social distancing yang harus kita lalui seharusnya tidak membuat kita benar-benar terkurung. Mungkin secara fisik kita terbatas, namun tidak membuat ide-ide dan pikiran kita ikut terkurung tapi justru membuat kita menjelajah lebih jauh.


Dalam karya ini tampak sosok orang yang sedang bergerak melengkungkan badannya dengan posisi “kayang” atau sedang menunduk seperti posisi sedang melakukan suatu permainan. Posisi ini saya representasikan dengan anggota tubuh yang dapat membuat gerakan apa saja sesuka kita, terutama ketika kita sudah terlalu lama berada di rumah, dan tubuh kita yang tidak bisa kemana-mana saking bosannya kita dengan geraka tubuh yang itu-itu saja, sampai akhirnya melakukan gerakan kayang.


Sedangkan rambut yang menjulur-julur kemana-mana sampai keluar kotak merupakan representasi dari isi kepala kita yang berisi ide-ide dan kreatifitas kita yang berwarna-warni beragam tanpa batas, yang bisa kemana-mana sampai keluar dari kotak. Dan sosok itu berada dalam sebuah kotak akrilik transparan, yang saya representasikan dengan tempat dimana kita berada saat ini. Yang artinya, meskipun hidup kita hanya itu-itu saja, hanya satu kotak itu saja, tapi tidak membuat ide dan kreatifitas kita juga hanya itu-itu saja, namun bisa berkembang ke mana-mana… Ide kita, kreatifitas kita BISA KEMANA-MANA


Demikian penjelasan tentang karya saya. Dalam kalimat singkatnya:


Mungkin kita dikurung, tapi tidak dengan isi kepala kita yang BISA KEMANA-MANA
TAMPILKAN DESKRIPSI