Bersimpang Jalan
1955
Cat minyak pada kanvas
48 x 63 cm
Koleksi Galeri Nasional Indonesia.
Berbeda dengan karya-karya Harijadi yang dilukis dengan gaya realistik, karya “Bersimpang Jalan” ini cenderung lebih ekspresionistik. Penekanan dari goresan kuas yang lebar dan kuat, ditambah dengan pengaturan komposisi dan penempatan figur-figur, memberi kesan dramatis pada adegan yang sedang berlangsung. Tampak dua sosok dewasa berbeda jenis kelamin berjalan saling membelakangi dan masing-masing menggandeng/menuntun anak kecil. Bahkan pada sosok perempuan tersebut, selain menuntun juga sedang menggendong anak. Di belakang dua figur dewasa itu tampak dua orang anak yang saling melihat satu sama lain seakan menunjukkan keengganan untuk berpisah. Di kejauhan, batas cakrawala yang kontras antara langit yang berawan dengan hamparan tanah yang didominasi warna kecokelatan semakin menambah suasana yang kelam.
Part Ways
1955
Oil on canvas
48 x 63 cm
Collection of the National Gallery of Indonesia.
In contrast to other Harijadi's works which are in a realistic style, this work tends to be more expressionistic. The emphasis on broad and strong brush strokes, with the compositional arrangement and placement of figures, gives a dramatic feel to the scene. Two adult figures of different sexes walk back to back and each holds a small child. The woman is also carrying another child. Behind the two adult figures were two children who looked at each other as if showing a reluctance to separate. In the distance, the contrasting horizon between the cloudy sky and the expanse of land dominated by brown color adds to the gloomy atmosphere.