DIAMBERGERAK Durasi: 01:53 Oleh: Galih Widyanggo Lungit Asal: Sidoarjo
Deskripsi: Video ini menggambarkan dua sikap yang berlawanan dalam merespons pandemi Covid-19, yaitu DIAM vs BERGERAK. Sikap diam diwakili sosok manekin kayu yang hanya menonton orang menjahit masker dalam layar ponsel. Dalam sikap diam tersebut ada rasa takut, pasrah, menyalahkan keadaan, hanya menunggu tidak tahu sampai kapan, hanya menonton informasi-informasi di media sosial yang masih kabur, sesekali mencibir seolah merasa dirinya yang paling benar, merasa menjadi bagian dan mengalami banyak hal akibat pandemi, namun tidak melakukan tindakan apapun.

Cuplikan video aktivitas menjahit menyimbolkan sikap bergerak. Meskipun dalam situasi sulit dan ada rasa khawatir bahwa usaha jahit akan merugi akibat pandemi, namun pemilik rumah jahit mencari peluang lain agar usahanya tetap berjalan sekaligus tetap terus bergerak menghasilkan manfaat bagi orang lain. Orang yang menjahit menjadi representasi sikap yang tidak mudah menyerah pada keadaan, terus menghasilkan manfaat dan kebaikan, beradaptasi dengan keadaan dan menghasilkan sesuatu yang baru, bergerak dalam diam tanpa harus dipublikasikan di media sosial. Semua dilakukan berdasarkan keyakinan akan kebaikan, dan yakin hari esok akan lebih baik.

Video DIAM atau BERGERAK menyampaikan pesan bahwa salah satu cara dalam menghadapi pandemi Covid-19 adalah dengan terus bergerak melakukan tindakan nyata yang bermanfaat, meski itu dimulai dari hal paling sederhana.

Semoga pandemi ini segera berlalu……
TAMPILKAN DESKRIPSI