THE PETS Durasi: 03:15 Oleh: Loca Institute Asal: Jakarta Selatan
Deskripsi: Masa Pandemic membuat siapa saja menjadi panik. Tak peduli apapun latar belakang maupun status sosialnya. Kita dihadapkan pada kondisi yang serba dipaksa untuk bisa menghadapinya.



Bahkan tanpa disadari, kita menjadi layaknya binatang peliharaan. Tak memiliki kebebasan berinteraksi / bersosialisasi bahkan hanya terisolasi dalam ruang tertentu. Yang lebih menakutkan kadang kondisi tersebut membuat kita jadi kehilangan nalar.



Revolusi industri 4.0 memang sudah digaungkan sejak lama. Namun masa pandemic ini memaksa kita untuk harus melakukannya. Segala hal berubah menjadi sistem digital. Cashless, komunikasi, pekerjaan bahkan pendidikan pun mau tidak mau hanya bisa dinikmati lewat digital.



Digital memang bisa menjadi salah satu solusi, meski disaat yang bersamaan juga menciptakan masalah baru. "Nggak Nyambung" adalah salah satu kelemahan dari komunikasi ini. Di mana kita seringkali salah paham tentang informasi yang diberikan oleh lawan bicara. Disconnection dan Miscommunication adalah 2 hal yang paling lazim terjadi di masa ini.



Sebagai manusia yang hidup bersosial, era ini menjadi penuh tekanan. Kita seperti tak bisa lagi berkomunikasi dengan melibatkan Emotional Intelligence. Sulit memahami lawan bicara tanpa melihat ekspresi secara langsung, intonasi suara, ataupun body language.



Demikian pernyataan dan keterangan yang dapat saya sampaikan. Terima kasih.

Thank you.
TAMPILKAN DESKRIPSI