Layu Bersemai Durasi: 02:57 Oleh: Erfano Faradika Asal: Surabaya
Deskripsi: Pada karya ini memperlihatkan objek figur manusia mengenakan masker dan alat pelindung diri dengan lengkap, divisualisasikan sebagai tenaga medis, yang terdiri atas dokter, perawat, dan petugas kesehatan lainnya. Mereka bekerja dengan senyap dan sukarela mempertaruhkan nyawa demi keselamatan orang lain. Wajah mereka yang dipenuhi luka lebam menyiratkan perjuangan yang telah dilakukan. Tampak layu, letih, dan terluka, tetapi tetap dengan kuat dan tegar menghadapinya.


Bunga yang terdapat pada visualisasi lukisan tersebut memiliki arti duka. Berduka akan situasi kondisi yang terjadi sekarang ini, namun mereka tidak mengeluh dan terus berjuang untuk memeranginya, atas dasar rasa kemanusiaan dan integritasnya, lalu perlahan-lahan bunga itu bersemi kembali karena suka citayang dinanti-nantikan suatu saat akan terjadi.


Para petugas medis menjadi garda terdepan tumpuan masyarakat, mereka merupakan pahlawan, merupakan pejuang, terutama di masa pendemi corona saat ini. Sepatutnya kita harus memberikan apresiasi sebesar-besarnya terhadap perjuangan yang dilakukannya.
TAMPILKAN DESKRIPSI