The Long and Winding Road Durasi: 03:54 Oleh: Sri Supartini Asal: Yogyakarta
Deskripsi: Pembicaraan virus covid-19 sudah mulai terdengar dunia termasuk Indonesia pada awal tahun 2020. Sejak masih disebut dengan "Corona Wuhan" hingga resmi dinamakan Covid-19, perjalanan masyarakat Indonesia melawan virus ini tidaklah mudah. Banyak pekerja yang kehilangan pekerjaan maupun penurunan pendapatan, pelajar dan mahasiswa terpaksa belajar dari rumah, hingga pekerja medis yang tidak bisa pulang ke rumah dalam waktu yang lama. Karya ini merupakan gambaran potongan masyarakat yang terjadi selama pandemi. Bagaimana suasana sebuah keluarga menghadapi pandemi, bagaimana jauh di belakang sana, terdapat kota yang padat namun sepi hingga seolah-olah mati, namun di sisi lain beberapa tempat sudah aktif kembali, dan bagaimana masyarakat berusaha menggerakkan roda ekonomi.



Gambaran sepatu yang diikatkan dan digantung di pohon memiliki banyak arti, pada kesempatan kali ini shoe tossing diartikan sebagai mengenang jiwa yang telah pergi yang disebabkan oleh virus ini. Dibalik arti lain seperti kritik, jebakan, maupun keisengan, terdapat kupu-kupu kuning yang menjadi simbol pengharapan dan petunjuk.



Karya ini merupakan gambaran perjalanan yang penuh dengan optimisme dan harapan seluruh daerah di Indonesia supaya pandemi segera berakhir dan kondisi kondusif kembali.
TAMPILKAN DESKRIPSI