Pengantar
Kepala Galeri Nasional Indonesia

Puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT atas berkat, rahmat, dan karunia-Nya sehingga Pameran Karya Kolektif Perupa Semarang “Udan Salah Mongso” dapat kita wujudkan mulai 1 Desember 2020 di laman galnasonline.id. Pameran ini merupakan bagian dari program pameran keliling yang dilaksanakan Galeri Nasional Indonesia setiap tahunnya di berbagai wilayah di Indonesia, dan juga di mancanegara.

Dalam skala nasional, Pameran Keliling kali ini menjadi pameran ke-21. Sebelumnya telah banyak wilayah kami sambangi, di antaranya Medan, Sumatra Utara (2006); Manado, Sulawesi Utara (2007); Balikpapan, Kalimantan Timur (2008); Ambon, Maluku (2009); Palembang, Sumatra Selatan (2010); Lombok, NTB (2011); Banjarmasin, Kalimantan Selatan (2011); Makassar, Sulawesi Selatan (2012); Pekanbaru, Riau (2013); Pontianak, Kalimantan Barat (2013); Kupang, Nusa Tenggara Timur (2014); Serang, Banten (2014); Malang, Jawa Timur (2014), Daerah Istimewa Yogyakarta (2015), Palu, Sulawesi Tengah (2015); Lampung (2017), Gorontalo (2017); Bandung, Jawa Barat (2018); Aceh (2018); dan Jakarta (2019). Konsep Pameran Keliling berbeda di masing-masing wilayah, dengan melibatkan para seniman di wilayah tersebut yang merespons kearifan lokal untuk diterjemahkan ke dalam karya rupa.

Di tahun 2020, Pameran Keliling Galeri Nasional Indonesia kembali digelar. Dengan merespons situasi terkini terkait pandemi Covid-19, maka pameran ini disajikan secara daring melalui laman galnasonline.id. Kali ini, Galeri Nasional Indonesia memilih Kolektif Hysteria dan Kota Semarang, karena kedua hal tersebut memiliki keterikatan dan catatan penting yang melengkapi khazanah seni kolektif. Kelompok Kolektif Hysteria sebagai inisiator yang membangun ekosistem seni dan kreativitas yang sehat dengan melibatkan warga kampung, kampus, serta publik secara luas, sedangkan Semarang sebagai wilayah jelajah aktivitas mereka. Kapabilitas inilah yang diharapkan dapat membantu memperkuat ekosistem seni rupa nasional yang telah ada.

Semoga pameran yang sekaligus menjadi bentuk dukungan program dua tahunan (biennale) Kolektif Hysteria dengan tajuk event Penta Klabs ini dapat memberikan kontribusi dalam mengokohkan semangat berkarya, kebersamaan, serta identitas seni rupa Indonesia. Sajian karya-karya kolektif dalam pameran ini diharapkan dapat menginspirasi dan memotivasi munculnya ekosistem-ekosistem seni di wilayah-wilayah lainnya, sekaligus memberikan referensi dan rekomendasi terhadap seni rupa Indonesia dan perkembangannya.

Galeri Nasional Indonesia mengucapkan terima kasih kepada Kolektif Hysteria, para kurator pameran, para pihak yang berkontribusi dalam pembuatan karya, Universitas Islam Sultan Agung, serta seluruh pihak yang telah ikut berpartisipasi dan menyukseskan pameran ini. Selamat, sukses, dan salam sehat.

Jakarta, Desember 2020

Pustanto